Pages

Senin, 18 Februari 2013

Macam-Macam Budaya Di Indonesia


·         Kebudayaan Sunda

-          System kepercayaan dan religi

Agama yang dianut sebagian besar menganut agama Islam . selain agama Islam, sebagian penduduknya juga menganut agama Katholik,Kristen Protestan, Budha dan Hindu. Namun meskipun sudah beragama masi banyak diantara mereka yang pergi ke makam-makam suci sebagai tanda kaul untuk menyampaikan permohonan dan restu sebelum mengadakan usaha ,pesta atau perawatan.

-          System kekerabatan

Garis keturunan dihitung melelui orang tua laki-laki maupun wanita. Seorang sunda mengenal  istilah-istilah  untuk tujuh generasi ke atas dan tujuh generasi ke bawah. System kekerabatan orang sunda dipengaruhi oleh adat dan agama Islam.

-          System politik

Dalam masyarakat sunda, desa mempunyai system pemerintahan yang kepala desanya disebut dengan istilah yang berbeda-beda. Adapun salah satu desa menyebut kepala desa dengan sebutan kuwa. Kepala desa itu wajib mengueus kepentingan warga desa seperti mengurus kepentingan warga desa seperti pengurusan administratif warga atau yg lainnya.

-          System ekonomi

Selain perdagangan dan perkebunan orang sunda juga hidup dari pertanian. Pertanian dilaksanakan secara tradisional. Masyarakat bercocok tanam di sawah yang sudah mendapatkan  irigasi maupun di sawah yang mengandalkan air hujan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About