Pages

Sabtu, 30 Maret 2013

 Halo para mahasiswa bisnis, ataupun calon wirausaha, ataupun yang sudah memiliki usaha. Pakabarnya? Nah, saya mau sharing pengalaman dan pembelajaran yang saya dapatkan dulu. Banyak dari pelaku usaha khususnya UKM seringkali merasa sudah memiliki bisnis, namun ternyata baru memiliki usaha, belum menjadi sebuah bisnis. Seseorang disebut sudah memiliki bisnis, apabila usahanya bisa ditinggalkan oleh pemiliknya/pelaku usahanya dan usaha itu tetap berjalan tanpa kehadirannya. Ya, sama seperti judul artikel sharing ini, Bagaimana membuat bisnis anda jalan, dan andanya bisa jalan-jalan.
Sebuah contoh yang sederhana, mari bandingkan warung/toko tradisional dengan mini market modern yang berbentuk waralaba. Warung tradisional dikelola oleh perseorangan biasanya, dan pemiliknya harus tetap hadir di tiap kali operasional warung atau tokonya. Sedangkan sebuah mini market modern waralaba dikelola secara profesional oleh sebuah team kerja tanpa menuntut kehadiran pemilik usahanya. Nah, yang membedakannya adalah adanya sistem bisnis pada mini market modern waralaba ini. Sistem bisnis inilah yang bisa membuat bisnis jalan dan pemiliknya jalan-jalan.
Nah, bagaimana caranya membuat sistem dalam bisnis? Tentunya dibutuhkan investasi baik waktu, tenaga, pikiran dan uang untuk membuat sistem dari sebuah usaha. Namun, hasil yang didapatkan bisa membuat usaha bisa berjalan walau tanpa kehadiran pemiliknya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About