Pages

Sabtu, 09 Februari 2013

Pengaruh Budaya Asing dan Dampak Masuknya Budaya Asing

              Budaya asing adalah kebudayaan yang hidup  dan dimiliki oleh masyarakat di luar bangsa  Indonesia. Selama ini kebudayaan asing sering dianggap sebagai  kebudayaan yang dating dari masyarakat  barat (western) yaiyu bangsa-bangsa Eropa, Amerika dan Australia serta dapat juga berasal  dari Jepang, Cina, India, Timur Tengah, Afrika dan sebagainya.
1. Pengaruh Budaya Asing
    Budaya-budaya  asing memengaruhi budaya Indonesia melalui saluran-saluran, antara lain :

  • Media Massa
          Globalisasi melalui media massa telah membuat dunia seolah-olah tanpa batas. Melalui media massa seperti televisi  yang disiarkan melalui jaringan satelit peristiwa yang sedang terjadi dapat diketahi di seluruh dunia. Demikian juga dengan perkembangan Internet yang memudahkan perkembangan iptek  dengan adanya mengakses berbagi informasi dari seluruh penjuru dunia. Selain itu, terjadi perubahan prilaku masyarakat di bidang mode pakaian, peralatan hidup, dan makanan akibat pengaruh penyebaran informasi dari luar negeri melalui media massa.
  • Pariwisata Internasional
          Kegiatan pariwisata internasional yang melibatkan banyak negara dapat dilakukan dengan mudah karena adanya kemajuan sarana transportasi dan telekomunikasi. Dengan meningkatnya kebutuhan wisata antara negara  menyebabkan masuknya devisa yang dibutuhkan untuk membiayai pembangunan suatu negara. Dengan berkembangnya sector pariwisata internasional, seseorang dapat dengan mudah berpergian dari satu negara ke negara yang lain.
  • Lembaga Perdagangan dan Industri Internasional
          Globalisasi  dalam perdagangan internasional ditandai dengan adanya pasar bebas. Era pasar bebas juga ditandai adanya kebebasan kontak perdagangan antarnegara tanpa dibatasi hambatan fiscal dan tarif. Namun, tetap diperlikan suatu wadah bidang kerjasama bidang ekonomi.
2. Dampak Masuknya Budaya Asing
Dampak positif budaya asing
   dampak positif masuknya budaya asing ke Indonesia dapat dilihat berikut ini :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About